Inilah Nge-Kos

Sewaktu dulu, saya nggak ada niatan sedikit pun untuk ngekost. Sama sekali. Tiba-tiba di hari itu, saya diajak teman saya untuk ngekost, satu kamar kostan. Karena gres pertama kali ke Tembalang dan kerasa bahwa Tlogosari-Tembalang sangat melelahkan, berasa musafir yang pergi ke padang pasir, jadinya saya iyakan saja. Saya konsultasi (ceila pake konsul) ke Mama wacana sekamar kostan untuk 2 orang, Mama saya agak oke nggak setuju. Setujunya ya agar ngerti medannya Tembalang itu kaya gimana (medan cuy kaya mau perang ae). Dan nggak setujunya alasannya masing-masing orang punya kepentingan masing-masing, misal si A pengen berguru tapi si B pengennya dengerin musik. Jadi, daripada ada “something” mendingan nggak usah aja.

Saya orangnya nggak enakan dan galau nolaknya kayak gimana. Akhirya Mama punya ide, “Gimana kalo ngekost di rumahnya Mbak Rena?” Oiya ga kepikiran. Tanpa pikir panjang jadinya Saya coba menghubungi Mbak Rena dan violaaa! Saya dapet kostan! Lalu jadinya saya bilang ke teman saya bahwa saya sudah mendapatkan kostan. Bahagianyaa sewaktu itu:”) #maafalay #sekalikaligapapaya

Mbak Rena yaitu tetanggaku sewaktu dia tinggal di Tlogosari, namun sejak Sekolah Menengan Atas dia dan sekeluarga pindah ke kawasan Tembalang alasannya tempat dia kuliah dan Papanya mengajar sama-sama di Undip Tembalang, jadi lebih dekat. Sebenernya rumahnya yaitu sebuah rumah yang terdiri dari beberapa kamar kosong yang sanggup dihuni untuk saudara-saudara yang berkunjung. Sebut saja Bu N, pemilik rumah dan kostan tersebut. Bu N yaitu ibunya Mbak Rena. Nggak hanya keluarga Bu N saja yang tinggal, disana juga ada para sepupu dari Bu N yang sedang menempuh studi di undip juga.

Saya harus mendapatkan kenyataan bahwa, mulai kuliah saya akan tidur sendirian. S E N D I R I AN. Di kostan. Yang masih terngiang (ceila terngiang), pokoknya yang masih diingat malam itu saya nggak sanggup tidur. Kayak ada yang ngganjel. Semacam homesick tapi ya masa orang tinggal di satu kota yang sama pake homesick-homesickan. Kocak ya haha. Kaprikornus malem itu nggak sanggup tidur, kaya gelisah gitu. Kangen Mama. Hahaha parah. Sampe punya pikiran kaya gini, “Ngapain sih pake ngekost? Kenapa sih?!!” Malah jadi sebel sama diri sendiri. Dari yang tiap malem masakan ada di meja makan dan setiap mulai ngekost galau mau makan apa. Dan ditiap malem juga sering di telpon Mama. Ditanyain, lagi ngapain? Udah makan apa belum? Trus dia juga kisah kalo di rumah blablabla. Hahaha bikin kangen. 

Tidur sendirian yaitu hal tersulit dijalani di kamus kehidupan nurmalita. Pernah nggak sih ngebayangin, tiba-tiba ada yang daritadi merhatiin kita waktu tidur? Ada yang dari tadi berdiri di depan pintu? Atau ada yang berencana ngelitikin kaki ketika kaki tidak berselimut? Dari yang biasanya kalo ketakutan pribadi ke kamarnya adek, kini harus dihadapi dengan diri sendiri.

Dulu, waktu malam hari, saya abis nonton bareng temen-temen. Film horor tepatnya. Dan ibarat biasa “bayang-bayang sista horornya bakal ada”. Dan beruntunglah saya dikala Tiwi memutuskan untuk tidur di kostan saya. Thanks Allah, thanks tiwe!:”). Pernah juga sewaktu malam hari, saya habis pulang dari kampus dan rumah kostan terlihat sepi. Apalagi lampu di erat jemuran lagi rusak, kadang nyala, kadang mati, hobbynya bikin kaget orang pokoknya. Saya pribadi masuk ke kamar. Niatnya mau ngecharge handphone alasannya waktu itu hampir lowbat, alasannya godaan line sangatlah berat, jadinya saya mainan handphone dulu. Dan tiba-tiba *pett* *lampu mati*. Saya kaget dan pribadi keluar kamar sambil lari. Pengen teriak, “MAAA LAMPU MATIIIII”, etapi gres inget ini di rumah orang coy haha. Antara takut alasannya gelap banget dan sendirian, jadinya saya mencoba buat menenangkan diri bahwa “everything is fine sist!” jadinya saya balik ke kamar kostan, nunggu di depan pintu, ngelihatin cahaya bulan. Elah gaya banget haha sambil kipasan, dan tetep, mainan handphone. Akhirnya Nisa, temen kostan saya dateng! Yampun, bagaikan malaikat. Alhamdulillah. Gapapa gelap, seenggaknya ada teman mahluk hidupnya.

Sewaktu awal-awal ngekost, saya juga pribadi diajak Mbak Siska (yang ngekost juga) untuk nemenin dia belanja di Superindo dan nemenin ke Anida. This is the first time for me masuk ke Superindo dan ternyata...wkwk leh uga. Thanks Mbak Siskaa! :D Berkat Mbak Siska jadinya saya juga sedikit tau mengenai jalan tikus di kawasan Tembalang. Mbak Siska sangatlah religius, buku-buku islami yang dia punya juga lumayan. Mbak Siska juga punya temen yang dikenalin ke saya juga, namanya Mbak Gina. Mbak Gina juga baik banget, doi pernah tiba-tiba beliin Cap Jay disaat anak kos dilanda mager dan kelaparan. Namun kini Mbak Gina udah nggak ngekost lagi alasannya dia udah lulus dan bekerja di luar kota. Selain mereka, juga ada teman sepantaran dengan saya, yaitu  Nisa dan Rosta. Dulu sewaktu lampu mati saya jadinya ngungsi dan numpang cerita-cerita di kamarnya Nisa. Ahh, kangen:')

Kalo ngekost itu hawanya pengen belajarrr mulu. Haha gaya banget woy. Soalnya galau mau ngapain. Kaprikornus di tengah-tengah hecticnya megang buku ekonomi, melajarin apa itu mikro makro inflasi, kenapa kurvanya turun, gimana agar kurvanya naik blablablah tiba-tiba ada yang ketok-ketok. Kaget waktu itu, jadinya saya beranikan buat buka pintu. Dan ternyata, Reva (adeknya Mbak Rena) dateng bawa steak buatannya Bu N. Aaaaah bahagianya saya...

Dari awal ngekost, Bu N udah bilang kalo tiap sholat selalu berjamaah. Sewaktu saya masih tidur, tiba-tiba pintu kamar di ketok-ketok. Ternyata yang ngetok Bu N. Beliau ngebanguninnya sambil baca shalawat gitu. Adeeem banget. Pernah juga waktu adzan subuh, saya pribadi bangkit dan nggak kerasa ngantuk lagi. Saya pribadi ambil air wudhu dan nunggu Bu N bangunin. Nunggu dan nunggu, ternyata udah mendekati jam 5 pagi. Saya mulai berpikiran apa mungkin subuhannya udah selesai kali ya. Akhirnya saya sholat sendirian. Eh abis aja sholat, tiba-tiba Bu N manggil belum dewasa yang lain buat sholat subuh. Ahehe gonduk iboook, uwe kira subuhannya udah kelar:”

Kalo ngekost, niscaya bakal ada baju-baju kotor dong ya. Kalo kata Mama, baju kotornya dibawa ke rumah aja, trus nanti baju bersihnya ambil dari rumah. Kaprikornus setiap tamat minggu, saya bawa baju se tas gede kaya mau mudik menerjang sigar bencah HAHA. Tapi kadang, males juga kalo setiap pulang bawa barang banyak. Akhirnya saya berinisiatif untuk...mencuci sendiri. Sederhana bagi kebanyakan orang, namun bagi saya sehabis mencuci kayak punya pujian sendiri haha #maapinalay.

Hawa pagi antara tembalang dan tlogosari juga bedaaa banget. Dinginnya tembalang udah ga ada otak, hambar banget, apalagi airnya. Kadang menggigil, bikin mager, bikin kuliah berangkat mepet. Dari udara yang hambar itu jadi pengen bikin minuman yang anget anget. Kadang bikin hot chocolate, energen, teh anget, dan sehabis berhari-hari lupa buat nyuci gelasnya. Good lita.

Setiap pulang kampus sewaktu sore, bakal ada dede-dede lucu berkeliaran di garasi rumah. Mereka semua bersiap buat ngaji. Jadi, setiap sore Mas Fahmi, Mbak Siska, Mas Zikin, dan Bu ustadzah selalu ngajar ngaji. Kosan juga nggak sepi-sepi banget.

Orang ngekost, niscaya tidak mengecewakan sering buat pulang malem. Waktu seminggu pertama, di minggu-minggu PMB, niscaya ada kiprah ospek. Nah berhubung waktu itu agak galau sama tugasnya, jadinya saya berencana buat ngerjain di KFC bareng Via, Adit, Marta, sama Cicik. Dan nggak nyangka waktu itu udah hampir jam 12 malem. Akhirnya saya buru-buru untuk pulang, dan ternyata... rumah kosan udah gelap. Saya ngerasa gemboknya udah dikunci duh mateek. Akhirnya saya telpon Mas Fahmi agar ngebukain pintu. Sebenernya agak nggak yummy juga sih kalo pulang malem. Dan telponnya diangkat, tiba-tiba orang di telpon itu marah-marah. Waduh, alasannya saya galau jadinya saya matiin telponnya. Bingung harus ngapain lagi, jadinya saya coba mencet bel, dan Mas Zikin keluar sambil muka ngantuk-ngantuk bete. Dan u kno what? Ternyata gerbangnya nggak dikunci. Good Lita. Karena paginya saya ingin tau wacana “kejadian telpon yang marah-marah”, jadinya saya coba tanya ke Mas Fahmi. Dan teryata tadi malem Mas Fahmi ngerasa nggak ada yang telpon. Lalu, yang semalam saya telpon itu siapa...

Awalnya memang sulit sih. Buat tinggal jauh dari orangtua, padahal jaraknya cuman beberapa kilometer. Belajar mandiri, nyuci baju sendiri, cari makan sendiri, bikin coklat panas sendiri. Yang kadang sukanya gangguin dan digangguin adek tiap mau belajar, kini belajarnya sendirian, dan benar-benar sunyi. Yang tiap malem ditelponin, dismsin Mama dan ditanyain lagi ngapain, makan apa, udah sholat atau belum, dan pertanyaan lainnya yang bikin cepetan pulang ke rumah, dan padahal jarak kosan ke rumah cuma 30 menit. 

 My tiny room!
Pemandangan di luar



Bersama Reva dan Mbak Rena
Before
 After

Kalo lagi ngerasain keadaan yang sekarang, semestinya harus banyak-banyak bersyukur untuk apa yang telah dikasih Tuhan kini ini. Dari waktu yang terbatas untuk bertemu keluarga, mulai berguru untuk menghargai waktu dan kesempatan. Apalagi semakin bertambahnya semester, pulangnya juga makin malam. Yah.. jadi pengen ngekost lagi...

Sumber https://nurmalitarh.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Eid Mubarak

kacamata bulat 2 lensa

kacamata hitam untuk wajah bulat berjilbab