Inilah Rindu Ramadhan #2

Dari mulai alumninya, muridnya, gurunya, bahkan mungkin seluruh insan yang berperan akan mencicipi 3 kata dibulan ramadhan. Rindu Ramadhan Nasima. Dulu tuh ya, sewaktu saya masih kelas 7, waktu itu pertama kalinya buat ngerasain ramadhan di sekolah tapi nginep selama hampir seminggu. Ke sekolah gotong-gotong koper dan kasur lipet, naikin semua barang ke lantai 3, cepet-cepetan milih tempat singgah untuk tidur di kelas, dan balasannya beres-beres kasur. Ya ibarat di pondok-pondok pesantren pada umumnya, mungkin jikalau yang ini levelnya masih easy, tapi waktu pertama kali ngejalanin.......subhanallah capeknya.

Di pagi hari, kami dibangunkan melalui bel-bel yang berada di tiap kelas. Dan selalu dibunyikan lebih dari 5x dengan volume yang sangat keras. Alhasil saya tetep nggak bangun-bangun. Hahaha nggak tau malu. Berhubung banyak temen-temen yang udah berdiri dan bersiap untuk turun dan sahur, balasannya saya paksakan untuk berdiri sebab nggak lezat sama temen-temen yang lain. Memalukan. Akhirnya turun ke lantai dasar dan bersiap untuk sahur. Tapi sebelum sahur, niscaya diawali dengan shalat tahajud berbarengan. Selesai makan sahur, balasannya kembali ke lantai 3 lagi buat ngemil-ngemil dikit sambil nunggu imsak. Saat adzan subuh berkumandang, barulah turun dan bersiap shalat subuh dan olahraga. Nah ini acara yang berat, dengerin ceramah subuh sambil ngantuk-ngantuk. Olahraga juga sambil ngantuk-ngantuk. Tapi sehabis olahraga, kami ke lantai 3 lagi buat persiapan mandi. Ini juga yang dikangenin, jikalau mau mandi niscaya antri dulu. Antrinya pake ciduk atau sandal, trus kami nunggu deh di kamar buat tiduran bentar. Bahkan ada yang cerdasnya setengah mati. Sebelum olahraga dan sholat subuh, tu ciduk dan sandal udah mulai diantriin. Hahaha ngangenin. Tapi ada juga yang lebih cerdas. Waktu olahraga mau selesai, ada anak yang ijin buat ke atas. Dan ternyata dia mandi, padahal udah banyak yang ngantri pake ciduk dan sandal. Dan itu termasuk saya. Hal yang paling parah jikalau yang duluan ngantri udah dateng. Siap-siap diomelin hahaha.

Enaknya jikalau mandi awal itu sanggup tidur-tidur dulu, beres-beres kasur sama isi koper. Dulu pernah waktu dapet giliran mandi paling selesai gara-gara kesiangan. Rasanya ancur. Udah ngantuk, kasur berantakan, ditinggal temen, barang serba ketinggalan, capek.

Setelah mandi, eksklusif turun buat shalat dhuha dulu. Habis itu dilanjutkan tadarus dan materi. Waktu dzuhur menjelang, kami shalat dulu, habis itu istirahat. Nah, di waktu istirahat itu sanggup buat mandi dan tidur sambil nunggu ashar. Biasanya sehabis ashar, kami turun dan dilanjutkan dengan bahan lagi. tapi kali ini materinya bareng-bareng kelas 7, 8, 9, 10, 11, dan 12. Ya macem-macem, ada ESQ sampe nangis-nangis, apalagi jikalau udah mbahas ibuk, dan blablabla. Tapi yang paling saya inget waktu ESQ wacana ibuk. Semuanya pada nangis sesegukan, matanya pada merah, rasanya jadi kangen ibuk, pengen meluk ibuk di rumah, padahal gres beberapa hari nginep di sekolah.

Adzan maghrib berkumandang! Saatnya buka puasa. Kami makan takjil dulu gres shalat maghrib, habis itu gres makan besar. Habis makan, balik ke lantai 3 dan bersiap shalat isya dan tarawih. Ini nih yang capek tapi berkesan dan ngangenin. Biasanya jikalau di rumah saya kan shalatnya 11 rakaat, tapi jikalau ini 23...................my God. Waktu teraweh udah selesai, dilanjutkan dengan materi. Entah ESQ, dongeng, ceramah, macem-macemlah pokoknya. Lupa materinya, tapi yang paling saya inget waktu bahan ESQnya kepala sekolah, Pak Joko. Mengenai EQ, IQ, SQ. Emosional, intelektual, dan spiritual. Hubungan antara Tuhan dan Manusia. Ya gitu, agak lupa hehe. Sama yang masih saya inget, bahan wacana shalat. Dan did u know semua bahan itu selesai jam setengah 11an aaaaaaaaaa ngantuk banget. Habis itu tidur.

Di hari terakhir, waktu sebelum shalat tahajud ada shalat apa dulu gitu lupa. Pokoknya lamaaaaaaa banget sampe temen saya ada yang badannya di senderin ke tembok padahal itu kondisinya lagi shalat. Ada juga yang waktu berdiri tiba-tiba mau jatuh gara-gara saking ngantuknya, padahal di sebelahnya ada guru. Kebetulan sebelum shalat itu jam tidur kami agak terkurangi. Hahaha semuanya pada ketawa waktu nyeritain pengalaman shalat mereka ketika itu. Dan gitu terus tiap hari. Dan balasannya pulang. Kangen.

Di tahun kedua, saya dan temen-temen kelas 8 nggak nyantren di sekolah lagi, tapi di sebuah pondok dan emang the real pondok. Suatu pondok nun jauh disana. Sirampok, Brebes, kota telur asin. Kami tidur di ruang kelas di suatu sekolah yang memang satu wilayah dengan pondok tersebut. Wilayahnya cukup luas dan dingin. Terletak di pegunungan dimana setiap pagi akan dikelilingin kabut tipis.

Di waktu sahur kami ya...makan sahur hehe. Habis itu gres shalat subuh di masjid. Setelah itu barulah mandi dan siap-siap mendapatkan materi. Materinya ya berasal dari kakak-kakak pembimbing. Ada yang ke tambak ikan, laboraturium komputer, dan banyak lagi. Sewaktu ashar menjelang, kami shalat ashar berjamaah di masjid. Setelah itu biasanya cari-cari kenalan, minta biodatalah, cerita-ceritalah. Banyak banget ilmunya. Yang masih saya inget waktu saya ngobrol sama salah satu santri disana. Tangannya tuh kayak kena penyakit kulit, dan balasannya saya beranikan bertanya, “tangan kau kenapa?”. Akhirnya dia jawab jikalau dia memang santri gres disana. Lalu apa hubunganya? Akhirnya dia menjelaskan bahwa santri yang masih gres akan menerima ujian. Ya bermacam-macam gitu ujiannya. Ujian kangen sama orangtua, kangen rumah, bahkan kena penyakit kulit. Ya mau ga mau dia harus besar lengan berkuasa akan cobaan itu. Karena tantangan atau ujian yang bakal dia laluin bakal lebih berat. Katanya sih gitu.

Ukhuwahnya kerasa waktu udah beberapa hari tinggal disana. Senyum sapa bertebaran dimana-mana. Apalagi waktu lagi ngabuburit. Banyak santri yang berjualan menjajakan makanan. Mulai dari gorengan, kolak, sampe bakso. Akhirnya saya putuskan untuk membeli bakso puedesss haha sampe balasannya perut saya sakit. Bahkan waktu berbuka. Mereka pada makan di nampan yang udah dikasih bantalan kertas coklat atau daun pisang. Habis itu makan rame-rame deh.

Waktu lagi sesi malam, kami saling curhat-curhatan sama abang pembimbing atau abang santrinya. Ya kisah wacana hari ini. Dari ngeluh, nyeritain pengalaman, sampe kita saling bertukar bahasa. Berhubung di sekolah ku ada bahasa mandarin dan arab, kakaknya kami ajarin bahasa mandarin, kemudian kakaknya gantian ngajarin kami bahasa arab.

Setelah itu isya and tarawih time. Banyak cerita-cerita pengalaman dari beraneka ragam santri disana. Termasuk hal mistik. Ada yang wacana santri males, habis itu dia tidur di pojokan masjid waktu teraweh berlangsung. Dan dia bermimpi, aneka macam orang-orang yang pakai baju hitam. Dan tampaknya itu bukan manusia. Menempati di tiap-tiap shof kosong ketika sholat. Dan baju hitam itu menghampiri santri yang sedang tertidur itu. Santri itu ketakutan dan balasannya dia terbangun. Dan dia menyesal. Entah itu mitos atau fakta, yang niscaya kisah itu memotivasi para santri biar semangat beribadah di bulan ramadhan.

Kebahagiaan nyantri ternyata nggak selamanya bahagia. Cerita-cerita gaib pun terkuak. Mungkin sikap kami kurang sopan sehingga penunggu disana agak tak suka dengan kami. Ada beberapa abang kelas yang sering banget pikirannya kosong. Akhirnya ya gitu. Abah atau istilahnya kepala pondok dateng ke tempat tidur santri cewek bersama para bawahannya. Saat itu Abah (alm) bawa tongkat dan rekannya bawa handycam dan laptop. I dont know what he did, dan tentunya saya nggak mau tau. Akhirnya ditiap malam disana isinya berdoa terus, dzikir terus, baca ayat dingklik dalam bentuk bulat bareng temen-temen sambil hati deg-degan. Harus jaga sopan santun dan perilaku.

Mengenai Abah (alm), merupakan salah satu orang yang sangat di hormati di pondok ini. Beliau sangat ramah. Setiap santri yang lewat niscaya pada menyapa sambil menunduk kepada beliau.

Suasana pondok pun makin mencekam ketika kejadian-kejadian tak mengenakan itu terjadi. Isinya ya deg-degan sambil dzikir terus. Apalagi waktu teraweh tiba-tiba listriknya mati. Saya nggak berani buka mata gara-gara takut jikalau nanti matanya kebuka bakal ngelihat sesuatu. Tapi ya gimana lagi, jikalau saya nggak buka mata, mana saya tau gerakan shalatnya sudah berubah. Akhirnya saya beranikan buka mata. Banyak banget putih-putih berdiri...yaiyalah namanya juga lagi pada shalat dan rukuhnya pada putih-_- kemudian saya tetep merem sambil ngintip buat ngelihat apakah gerakan shalatnya udah berubah atau belum. Alhamdulillah nggak selang usang balasannya lampu nyala lagi.

Ketika saya lagi nggak sholat, disana juga ada dzikir bareng-bareng kayak di nasima, cuman jikalau ini lupa namanya. Ya baca kitab gitu, tapi bacanya bareng-bareng. Letaknya tidak mengecewakan jauh, naik ke tangga dulu dan taraaaaaaa! Im on daerah santri yang emang the real santri. Rame banget suasananya, banyak handuk dan jemuran bertebaran. Tapi gelap....dan sepi ketika perjalanan pulang.

Rindu orangtua juga sudah pasti. Akhirnya saya putuskan untuk menelpon kedua orangtua. Saya ketika itu bersama Adila ke ruang guru. Sewaktu giliran Adila, dia nangis kejer. Antara nangis rindu, juga banyak pengalaman gres disini. Kalau saya sih ya hahahaha hampir mau nangis. Tapi beneran rindunya tumpeh-tumpeh hahaha sumpah kangen banget, apalagi sama mama. Begitu denger suaranya........ademmmm bener, mata eksklusif mbrambang. Ya pokoknya cuman ngasih kabar aja jikalau disini banyak hal baru, banyak temen, banyak hal mistik, serba campur aduk. Ya pesan dari dia tetep jaga kesehatan aja.

Hal terindah terakhir di pondok ini ialah kami diajak jalan-jalan ke sungai. Perjalanannya tidak mengecewakan jauh, tapi asik. Hawanya adem apalagi waktu itu masih pagi. Akhirnya kita main air dan habis itu pulang ke pondok lagi buat persiapan pulang di esok hari.

 suasana waktu kamar masih sepi



 jalan-jalan pagi habis mandi, mumpung jadwalnya masih kosong sambil ngelihat pemandangan sekitar. ternyata emang tempatnya luas. waktu pulang buat balik ke kamar, malah dimarahin sama guru gara-gara kita mainnya deket sama daerahnya anak perjaka hahaha


 dan foto diatas ialah keadaan kamar. berserakan banget

sebenernya yang cewek bakal nginep disitu, berhubung ada kesalahan teknis ya balasannya nggak jadi. itu ialah rumahnya Abah. guru-guru pada tidur disana.


 wilayah santriwan
   
 masjid! begitu masuk hawanya adem. 

perjalanan menuju ke sungai

waaaa itu salah satu bangunan pondok

 pemandangan waktu perjalanan ke sungai
mukanya pada lucu banget.  

 udah sampe sungai nguahaha

i loooove this pict.
Tahun ketiga. We’re back to nyantri at school again. Tapi kini temen-temen saya banyak yang direkrut jadi panitia. Di tahun ketiga memang tahun terakhir kami buat ngerasain indahnya menginap di  sekolah. Seperti pada tahun pertama, sebab memang kami sudah berpengalaman. Tapi di tahun ini beda, bedanya kini ada episode bentak-bentakan di tengah malem. Suasanya nyantren semakin mencekam ketika teman-teman seangkatan kami bermetamorfosis galak. Disaat itu yang sanggup saya lakukan cuman berdoa, takut diapa-apain. Padahal sama temen seangkatan lho-_- ya maklum penakut hehe. Ternyata mereka semua hanya acting. Pft.

Ngomong-ngomong, dulu saya juga punya temen. Dia anaknya berakal dan selalu memasang sasaran di bulan ramadhan ini. Akhirnya saya ketularan. Semoga sasaran bulan ramadhan tahun ini terpenuhi. Aamiin. 

Sumber https://nurmalitarh.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Eid Mubarak

kacamata bulat 2 lensa

kacamata hitam untuk wajah bulat berjilbab